Lebih Dari Dua Juta Muslim Memulai Ziarah Haji

Semua Halaman

.

Lebih Dari Dua Juta Muslim Memulai Ziarah Haji

REDAKSI
Jumat, 09 Agustus 2019
| Foto: Reuters |

| MEKKAH | Peziarah berkumpul di lembah Mina, tepat di luar Mekah, untuk memulai ziarah tahunan. Lebih dari dua juta Muslim telah memulai ziarah tahunan haji di Arab Saudi. Ziarah harus dilakukan oleh semua Muslim, yang mampu secara finansial dan fisik, setidaknya sekali dalam hidup mereka.


Pada hari Jum’at, waktu setempat, para peziarah mulai berkumpul di lembah Mina, di pinggiran Mekah, untuk memulai ibadah haji.

Dalam suhu yang mencapai hingga 40 derajat Celcius, jamaah haji akan melakukan ritual di lembah Mina, gunung Arafat dan di Mekah.             

Peziarah laki-laki mengenakan dua potong kain putih yang menutupi tubuh mereka, yang dikenal sebagai "ihram", sementara wanita mengenakan pakaian longgar.


Peziarah tidak diperbolehkan memotong rambut mereka, memakai parfum, atau melakukan tindakan seksual. Ritual berakhir dengan laki-laki memotong rambut mereka.

Puncak haji termasuk festival Idul Adha, yang merupakan salah satu dari dua festival utama Islam dan melibatkan pengorbanan hewan, biasanya domba, kambing atau sapi.

Menurut angka resmi, diperkirakan 54 juta jamaah haji yang telah menghadiri haji selama 25 tahun terakhir.