Bendera Merah Putih Dibakar oleh Sekelompok Orang di Manokwari

Semua Halaman

.

Bendera Merah Putih Dibakar oleh Sekelompok Orang di Manokwari

REDAKSI
Senin, 19 Agustus 2019


/ MANOKWARI / SATU peristiwa yang dinilai menjatuhkan derajat dan martabat bangsa Indonesia. Bendera merah putih yang merupakan lambang kebesaran Negara Indonesia, dibakar oleh sekelompok orang di jalan raya, Senin (19/8/2019). Peristiwa tersebut terjadi di Manokwari, yang merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat, Indonesia.

Pembakaran bendera merah putih yang menjadi lambang kebesaran bangsa ini, kerap terjadi setiap tahun di beberapa wilayah bagian provinsi Papua Barat. Bahkan itu terjadi di saat Rakyat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan RI. 

Tahun 2019 di era kepemimpinan Presiden RI Ir Joko Widodo, pembakaran bendera merah putih itu kembali terjadi. Tepatnya di jalan raya Perkotaan Manokwari, Papua Barat.

Tidak terlihat satu pun aparat keamanan di lokasi peristiwa pembakaran bendera merah putih itu. Kelompok tersebut begitu leluasa menancam bendera di antara ban-ban mobil bekas, lalu menyiram dengan cairan dan membakarnya.

Video yang diunggah pada sebuah akun Facebook, kemudian diviralkan warga net, seakan memperlihatkan tindakan perlawanan oleh sekelompok orang di Manokwari, Papua Barat.

Secara geografis, Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat. Manokwari juga merupakan ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota tersebut memiliki luas wilayah 1.556,94 km² dan berpenduduk kurang lebih 201.218 jiwa. Keberadaan kota Manokwari terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua.

Editor: Adi Pradana