Pemdes Rasabou Prioritaskan Dana Desa Tahap II untuk Pembangunan Fisik

Semua Halaman

.

Pemdes Rasabou Prioritaskan Dana Desa Tahap II untuk Pembangunan Fisik

REDAKSI
Jumat, 19 Juli 2019



MEDIANUSANTARA.ID—Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, akan prioritaskan 40 persen Dana Desa Tahap II tahun 2019 untuk pembangunan fisik. Rencana tersebut disampaikan dalam sosialisasi Rencana Penggunaan Bantuan Keuangan (RPU) yang bersumber dari Dana Desa (DD), di aula desa setempat, Jum'at (19/7/19).

Plt Kepala Desa Rasabou Jamaludin HA Talib mengatakan, penggunaan anggaran yang bersumber dari Dana Desa 40 persen tersebut, dibagi empat bidang dari total anggaran sebesar Rp355.956.097.

Untuk bidang pembinaan kemasyarakatan desa dialokasi sebesar Rp31.014.000, di bidang pemberdayaan masyarakat desa Rp45.747.000, bidang pembangunan Rp245.124.165, dan bidang penyelenggaraan pemerintah desa Rp4.447.932.
            
“Proses pelaksanaannya nanti kita libatkan masyarakat sendiri sebagai pemanfaatan sumberdaya yang ada. Dan seluruh masyarakat dapat mengawal secara bersama-sama mulai tahapan awal sampai pada hasil kerjanya," jelas Jamaluddin.
            
Ketua BPD Syarifuddin A.Md juga menegaskan, kepada masyarakat bahwasanya program yang dilaksanakan oleh pemerintah desa ini sepenuhnya untuk kebutuhan masyarakat. Masyarakat juga memiliki tanggung jawab dalam mengawal dan mengawasi proses pelaksanaannya. Sehingga tugas mengawasi kinerja pemerintah desa, tidak hanya dititik beratkan pada BPD, namun masyarakat umum juga mempunyai hak.(wb)