Pentingnya Memahami Tata Kelola Pariwisata dan Destinasi yang Ramah

Semua Halaman

.

Pentingnya Memahami Tata Kelola Pariwisata dan Destinasi yang Ramah

REDAKSI
Sabtu, 22 Juni 2019



Bima – MEDIANUSANTARA.ID—Pemerintah Daerah Kabupaten Bima komitmen dalam memajukan sector pariwisata di daerah. Komitmennya itu dengan melaksanakan pelatihan tata kelola Destinasi Pariwisata, dalam tema "Menuju Destinasi Ramah dan Berkelanjutan".

Kegiatan diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bima ini, melibatkan 40 peserta pelaku pariwisita yang dilaksanakan selama dua hari, sejak 19 Juni 2019, di Hotel Lila Graha, Kota Bima.

Asisten III Setda Drs H Arifudin HMY mengatakan, pelatihan ini salah satu langkah strategis yang selaras dengan pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Bima. Peningkatan kualitas SDM dan manajemen pengelolaan destinasi pariwisata unggulan, penting dilakukan secara berkelanjutan sebagai minat kunjungan wisatawan, sehingga pada saat yang sama mendorong peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat di sekitar obyek wisata.

Arifudin berharap, pelatihan ini dapat memberi pemahaman yang utuh kepada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan pelaku pariwisata akan pentingnya memahami tata kelola destinasi yang Ramah serta berkelanjutan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Muhammad Akbar SP menyampaikan, sebagai pelaku utama, para peserta nanti dapat mengembangkan pariwisata didalam destinasi masing-masing, dengan harapan akan terus mengembangkan kreativitasnya untuk mengelola tempat kunjungan wisata itu sendiri.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini, yakni tentang kode etik pramuwisata,  administrasi pengunjung lokasi wisata, administrasi keuangan destinasi dan administrasi keanggotaan Pokdarwis.

“Materi lainnya kebijakan umum Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Bima serta Kebijakan perencanaan kepariwisataan daerah dari Direktur Politekpar NTB,” kata Akbar.(Advt/adi)