Sejumlah Aspek Pembangunan Menjadi Trending Penyampaian Tiga Tahun Kepemimpinan Dinda-Dahlan

Semua Halaman

.

Sejumlah Aspek Pembangunan Menjadi Trending Penyampaian Tiga Tahun Kepemimpinan Dinda-Dahlan

REDAKSI
Selasa, 19 Februari 2019



MEDIANUSANTARA.ID—Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menyampaikan beberapa point penting berkaitan dengan capaian tiga tahun menakhodai Birokrasi Kabupaten Bima. Dalam moment apel gabungan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, di halaman Kantor Bupati, Senin (18/2) kemarin, diakui banyak ikhtiar yang digiatkan secara konsisten, terpadu dan berkesinambungan. Kondisi tersebut dapat dicermati dengan melihat perkembangan struktur perekonomian daerah saat ini.

Disampaikannya, memasuki tiga tahun kepemimpinannya bersama Drs Dahlan M Noer, bahwa pertumbuhan ekonomi dalam dua tahun mulai 2016—dari 5,12 persen menjadi 6,02 persen—atau meningkat 0,9 persen di tahun 2017.

“Ini menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi di Kabupaten Bima sudah berjalan sesuai dengan rencana. Dimana sektor pertanian memberikan kontribusi PDRB rata-rata sebesar 44,26 persen,” kata Bupati dalam apel gabungan yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten.

Demikian halnya angka kemiskinan. Pada tahun 2016 dari 15,31 persen mengalami penurunan menjadi 15,10 persen pada tahun 2017.

“Ini menunjukkan program-program penanggulangan kemiskinan baik melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penumbuhan Wirausaha Baru (WUB), penciptaan lapangan kerja baru, dan pemberdayaan ekonomi kreatif berjalan optimal,” katanya.

Aspek lainnya, yang menunjukkan arah peningkatan yaitu indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Bima yang terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2015 IPM berada pada angka 63,48 persen, dan pada tahun 2016 menjadi sebesar 64,15 persen serta naik menjadi  65,01 persen pada tahun 2017.

“Hasil yang kita capai ini, tentunya menjadi bahan evaluasi dalam perencanaan pembangunan. Sebab, masih ada target program kerja yang harus dilaksanakan untuk menjawab aspirasi masyarakat pada semua sektor pembangunan," ujarnya menutup.
            
Apel gabungan juga dihadiri Wakil Bupati Drs Dahlan M Noer, Ketua DPRD Kabupaten Bima Nj Murni Suciyati, unsur FKPD, para pejabat struktural, fungsional dan staf OPD, dan perwira TNI/Polri.(Advt/adi)