7 Target Optimalkan Program Penanggulangan Kemiskinan

Semua Halaman

.

7 Target Optimalkan Program Penanggulangan Kemiskinan

REDAKSI
Rabu, 17 Oktober 2018



MEDIANUSANTARA.ID—Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bima yang berlangsung, yang dipimpin oleh Wakil  Bupati Bima Drs Dahlan M Noer, berlangsung di ruang Rapat Bupati Bima, Rabu (10/10/2018). Rakor tersebut menghasilkan beberapa rumusan bagi OPD, yakni terkait upaya untuk lebih mengoptimalkan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bima.

Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer dalam pemaparannya, mengatakan, mengacu data BPS Kabupaten Bima selama empat tahun terakhir sejak 2014 hingga 2017, persentase angka kemiskinan di Kabupaten Bima terus mengalami penurunan dari 16,04 persen—tahun 2014 menjadi 15,10% pada tahun 2017.

Untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bima,  ada 7 target yang memerlukan intervensi program kegiatan masing-masing OPD mencakup pengembangan BUMDes,  Jamban keluarga, Pengembangan perumahan layak huni dan Kelompok Usaha Bersama KUBE).

“Intervensi program juga perlu dilakukan pada kawasan rumah pangan lestari (KRPL), Pengelolaan sampah dan cakupan air bersih. Oleh karena itu Dahlan berharap agar target penanggulangan kemiskinan itu dapat segera dipenuhi," terangnya.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima yang diwakili Kepala Bidang Perencanaan Sosial  Budaya, Sufaidin S.Sos dalam laporannya mengatakan, rakor ditujukan untuk melakukan pemantapan dan sekaligus evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bima.

Fokus Rakor antara lain, terkait tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) penanggulangan kemiskinan antara TKPKD Provinsi NTB dengan TKPKD Kabupaten Bima.

Mengacu hasil rapat koordinasi nasional tahun 2017 dengan Kementerian social, diharapkan Rakor dapat lebih mengoptimalkan fungsi dan peran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Antara lain terkait basis data terpadu kemiskinanyang saat ini dalam status verifikasi dan validasi data.(bop)