Perlunya Peningkatan IPM untuk Penanggulangan Kemiskinan di Daerah

Semua Halaman

.

Perlunya Peningkatan IPM untuk Penanggulangan Kemiskinan di Daerah

REDAKSI
Kamis, 07 Juni 2018




MEDIANUSANTARA.ID—Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer selaku Ketua  Tim  Koordinasi  Penanggulangan  Kemiskinan  Daerah (TKPKD) Kabupaten Bima menginstruksikan agar para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih serius dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

H Dahlan mengatakan, rapat ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan  Kementerian Pedesaan yang mengamanatkan agar semua pemerintah daerah lebih fokus dalam program Penanggulangan Kemiskinan.

“Semua pemangku kepentingan khususnya OPD harus mencermati angka kemiskinan, dan lebih mendorong peningkatan capaian angka pengurangan kemiskinan.  Ini refleksi aspek apa yang perlu diperbaiki dan tingkatkan,” terangnya dihadapan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, di ruang  Rapat Bupati Bima, Selasa (5/6).

Titik berat upaya penanggulangan kemiskinan di daerah adalah aspek yang berkaitan langsung dengan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). “Salah satu yang paling fundamental untuk dibenahi adalah Bidang Pendidikan agar produktiftas SDM mengalami peningkatan,” kata H Dahlan. 
       
Sebelumnya, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima Drs H  Muzakkir M.Sc memaparkan,  target penurunan angka kemiskinan Kabupaten  Bima Tahun 2017 sebesar  13,79 persen.

Dari angka tersebut, sesuai data BPS tahun 2018, realisasi penurunan kemiskinan tahun 2017  mencapai 15,10 persen, dengan rata-rata penurunan angka sepanjang kurun waktu 2014-2017  sebesar 0,31 persen atau mencakup 1.469 jiwa/ 294 KK pertahun, dari target 0,75 persen  per tahun.

Untuk lebih  meningkatkan capaian target tersebut,  Bupati Bima telah menerbitkan SK Bupati Bima nomor 188.45/319/07.1/2018 tentang susunan Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bima.

“Tim ini terdiri dari tiga Pokja dan tiga Kelompok. Dengan harapan agar program ini akan lebih memantapkan Program/Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan dengan memaksimalkan fungsi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bima,” kata Muzakir.(*)

*) Editor: Adi Pradana