Events Festival Tambora dan Hari Jadi 203 Dompu Tahun 2018

Semua Halaman

.

Events Festival Tambora dan Hari Jadi 203 Dompu Tahun 2018

REDAKSI
Kamis, 05 April 2018



MEDIANUSANTARA.ID—Beragam kegiatan budaya maupun lainnya dilaksanakan dalam menyambut dan memeriahkan Events Festival Tambora dan Hari Jadi Kabupaten Dompu ke 203, mulai 1 – 16 April 2018 nanti. Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat—telah melakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan events yang menjadi agenda tahunan itu.
            
Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu Ardiansyah SE mengatakan, mulai 1 April 2018 nanti, akan diadakan FUN BIKE dengan lokasi star/finish di Gedung Pemuda DPD KNPI. Kemudian dilanjutkan Pawai Budaya pada tanggal 4 April 2018, jam 14.30 Wita, dengan lokasi Star di Lapangan Beringin—Finish di Bolly Mart. “Penanggung jawab Pawai Budaya ini adalah Disbudpar dan TataPEM),” Ardiansyah.
            
Dan, tanggal 4 - 6 April 2018, pembukaan Pameran TTG, Foto Budaya dan Pesona Tambora. Acara ini dibuka pukul 14.00 Wita, di Lapangan Beringin Dompu. Sebagai penanggung jawab adalah Disbudpar dan BPMPD. “Kegiatan ini bersamaan pula dengan pelepasan peserta Tambora Challenge 320K, mulai tanggal 4 - 7 April 2018, lokasi Star PKM Poto Tano menuju Doro Ncanga (Finish). Sebagai penanggung jawab adalah KOMPAS.
            
Selanjutnya, kata Ardiansyah, tanggal 5 – 10 April 2018 dilaksanakan kegiatan KIRAP PATAKA dan OBOR TERPIJAR, dengan lokasi tiap sekolah dan kecamatan. Penggung jawab acara ini adalah Dikpora, Kepala Sekolah dan Camat. “Termasuk acara Ngaha Kawiri yang dilaksanakan pada 6 April 2018,” jelas Ardiansyah.
            
Kemudian tanggal 7 April 2018, dilepas peserta Trail Adventure di lokasi Savana Doro Ncanga. Sebagai penanggung jawab yakni dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Cabang Dompu. Selanjutnya tanggal 7 – 8 April 2018, diadakan kegiatan FUN SISHING berlokasi di Teluk Saleh. Sebagai penanggung jawab kegiatan ini adalah FAHAD Group.

Selanjutnya tanggal 8 April 2018—juga dilaksanakan kegiatan Sepeda Hias—dari lokasi Star/Finish di Lapangan Beringi Dompu—dibawa tanggung jawab DPD KNPI Dompu. “Sedangkan kegiatan CERA LABU dilaksanakan di Desa Soro Kecamatan Kempo, pada tanggal 9 April 2018. Sebagai penanggung jawabnya yakni DKP, Camat Kempo dan Kades Soro,” kata Ardiansyah.

Kemudian pada tanggal 10 April 2018, diadakan Festival Kuliner yang berlokasi di Sarae Nduha-Ombo (penanggun jawab TP PKK – SKPD) dan Sepeda Wisata di lokasi Savana Doro Ncanga menuju Finish Sarae Nduha (Kwarcab). Selanjutnya tanggal 10 – 11 April juga digelarnya Hiburan Rakyat dan Pameran Jagung, Kopi dan Gula Tambora. Lokasinya di Sarae Nduha-Ombo, dibawa tanggung jawab PKK, DW, GOW dan UKM.

Pada tanggal 11 April 2018, merupakan acara puncak Festival Tambora 2018 di lokasi Savana Doro Ncanga. Di lokasi itu nanti, tim penyambutan akan menyuguhkan Tarian Kalosal ‘Nggahi Rawi Pahu’. “Sebagai penanggung jawab yakni Bagian Humas, TataPem dan Budpar,” kata Ardiansyah.

Disampaikan pula, bahwa Upacara HUT 203 Jadi Kabupaten Dompu sekaligus Ziarah Makam, dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018 di Lapangan Beringin Dompu (penanggung jawab Bagian Humas, Kesra dan Depag).(Advt/adi)