AKBP Bagus: Tingkatkan Ibadah, Membentuk Karakter Kepribadian Insan Bhayangkara dari Hikmah Isra' Mi'raj

Semua Halaman

.

AKBP Bagus: Tingkatkan Ibadah, Membentuk Karakter Kepribadian Insan Bhayangkara dari Hikmah Isra' Mi'raj

REDAKSI
Kamis, 19 April 2018


MEDIANUSANTARA.ID--Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW, Kamis (19/4/2018) pagi. Acara tersebut bertempat di Aula Dalmas Polres  Bima, dengan tema "hikmah Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW kita tingkatkan ibadah dalam membetuk karakter kepribadian insan Bhayangkara guna mendukung Pilkada serentak yang kondusif tahun 2018".

Selain Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo SIK, acara tersebut juga dihadiri Waka Polres Bima Kompol Abdi Mauludin S.Sos, Para Kabag dan Kasat  Res Bima dan Ustadz Irham HM Saleh dari Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, serta 250 orang Anggota Polres Bima.

Pembacaan ayat Suci Al Qur'an mengawali pembukaan acara memperingati perjalanan Nabi Muhammad SAW, dari masjidil  Haram (Mekkah) ke Masjidil Aqsha (Palestine), kemudian melanjutkan perjalanan ke Sidratul Muntaha (Arasy) pada langit ketujuh.

Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo SIK dalam penyampaiannya, Isra' Mi'raj yang kita peringati hari ini merupakan peristiwa yang luar biasa, dilaksanakan oleh Baginda Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW pada malam hari, dari Masjidil Haram Mekah ke Masjidil Aqsha Palestina, kemudian beliau di Mi'raj-kan ke Sidratul Muntaha.

Pada dasarnya, kata Kapolres, peringatan Isra' Mi'raj di selenggarakan untuk menjadi peringatan bagi kita, agar selalu mempelajari makna yang terkadung dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW, salah satu hikmah yang paling penting adalah tentang kewajiban sholat lima waktu.

Isra' Mi'raj tidak hanya merupakan bagian dari tranformasi spiritual, tetapi juga transformasi sosial. "Transformasi spiritual mengajarkan kita untuk menjalankan perintah dan larangan Allah SWT. Kemudian tranformasi sosial mengajak kita semua untuk senantiasa melakukan perubahan dari jalan gelap menuju jalan terang," jelas Kapolres Bima ini.

Ia juga menghimbau kepada seluruh anggota Polres Bima, semoga dengan tema hikmah Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW, kita tingkatkan ibadah dalam membetuk karakter kepribadian insan Bhayangkara, guna mendukung Pilkada serentak yang kondusif tahun 2018 sehingga dapat menjadikan hati kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Sementara, dalam ceramah agama yang disampaikan Ustadz Irham HM Saleh, pada intinya dengan hikmah Isra' Mi'raj dapat meningkatkan nilai ibadah, dzikir kepada Allah SWT dan bersalawat pada Nabi akhiri zaman,  yang mana histori perjalanan Isra' Mi'raj tersebut sangat penting bagi kita semua. Sehingga dengan adanya peristiwa itu, banyak hal dan pelajaran yang dapat dijadikan barometer dan ajuan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di pandangan Allah SWT.

Ustadz Irham juga menjelaskan, bahwa arti makna dari  Isra' Mi'raj merupakan penggabungan dua kata yang memiliki arti diangkatnya ke langit seorang hamba yang termulia yaitu Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk kecintaan Allah SWT.

Menutup ceramah singkatnya, Ustadz Irham mengajak pada semua selaku umatnya agar senantiasa menjalankan perintah-Nya, dan semoga kita semua dijadikan manusia yang berguna di sisi Allah SWT.

Sementara pada moment tersebut, Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo SIK, memberikan bantuan santunan berupa uang tunai kepada keluarga Sdr Yahya, warga Desa Kalampa Kecamatan Woha yang mengalami gangguan jiwa.(*)

*) Editor: Adi Pradana