Rombongan Wabup Temui Kemenpan RB dalam Meningkatkan Akuntabilitas Kinerja

Semua Halaman

.

Rombongan Wabup Temui Kemenpan RB dalam Meningkatkan Akuntabilitas Kinerja

REDAKSI
Senin, 19 Maret 2018



MEDIANUSANTARA.ID--Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer bersama sepuluh perwakilan OPD lingkup Sekertariat Setda Kabupaten Bima, menemui pejabat di lingkup Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Senin (19/3/2018) di Jakarta.

Rombongan Wakil Bupati diterima oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN RB,  Muhammad Yusuf Ateh.

An.Kabag Humaspro, Kabid Informasi dan Pemberitaan Ruslan S.Sos menjelaskan, silaturahmi dan konsultasi  dengan Deputi  Kementerian PAN-RB itu berkaitan dengan  kinerja pemerintah Kabupaten Bima dalam rangka perbaikan angka pencapaian kinerja pemerintah yaitu anggaran berbasis kinerja.

Muhammad Yusuf Ateh mengenukakan, akuntabilitas kinerja itu dicapai apabila pemerintah mengelola keuangan harus  mempunyai manfaat dan pengelolaan dengan baik untuk kemakmuran masyarakat.

"‌Semakin tinggi nilainya, maka semakin nampak pemanfaatannya. Anggaran yang digunakan
‌harus memiliki sasaran yang jelas dan fokus, karena kebijakan itu untuk mendapatkan  manfaat," kutip Ruslan dari peenyataan Deputi KemenPAN-RB itu.

Ruslan juga menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan menyelaraskan sistim akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Bima, mulai dari perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi kinerja lingkup Pemkab Bima. Dengan harapan akan ada  sistem yang terbangun dengan keselarasan, mulai perencanaan yang tertuang dalam RPJMD Kab, RENSTRA OPD, Renja, rencana kegiatan tahunan dan penganggaran sampai pada laporan yang disusun atau LKJiP Kab, LKJip OPD.

Ada sepuluh  OPD percontohan yang ditunjuk oleh KEMENPAN RB berkepentingan hadir dalam rangka asistensi penilaian kinerja pemerintah kabupaten Bima selama satu tahun berjalan yaitu 2017.

Ke sepuluh OPD tersebut adalah Bappeda, Dikes, Nakertrans, PUPR, Perhubungan, Pariwisata, Dinas Koperasi Dan UKM, Dikbudpora, Inspektorat, Pertanian Dan Perkebunan serta Sekretariat Daerah Kabupaten Bima.(*)

Penulis: Bop Marantika