IMO-Indonesia Dinyatakan Legal oleh Dewan Pers

Semua Halaman

.

IMO-Indonesia Dinyatakan Legal oleh Dewan Pers

REDAKSI
Minggu, 11 Februari 2018


MEDIANUSANTARA.ID--Dewan Pers secara resmi menyatakan Ikatan Media Online (IMO) Indonesia legal. Oganisasi tersebut, selain secara resmi membentuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP), pun sudah membentuk cabang berbagai daerah (Kabupaten/Kota) di Indonesia termasuk di NTB. Dengan demikian, wartawan Media Online Indonesia sudah bernapas lega dan bahkan bangga. Sebab, IMO Indonesia telah hadir sebagai Organisasi yang memayunginya.

Pada tanggal 13-15 Februari 2018, IMO-Indonesia akan menggelar kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) perdana. Rakernas IMO ini, akan berlangsung di Puri Saron Hotel-Bali.
“Tagline kegiatan Rakernas perdana di Bali ini, IMO-Indonesia Siap Menjadi Mitra Strategis,” tegas Ketua Umum DPP IMO-Indonesia, Yakub F Ismail, kepada sejumlah awak media.

Pada Rakernas itu, lanjutnya, DPP IMO-Indonesia akan menyampaikan beberapa capaian dan program kerja. Di antaranya, memfasilitasi pembuatan Film Jurnalistik “Serumpun Sebalai” karya Victory News dengan Produser eksekutif  Wendy Oktavianus. Ternasuk memfasilitasi pembuatan Buku Jurnalistik Online “Rahasia Sukses Mengelola Media Online” karya Ferry Komeng.

Yakub menjelaskan, DPP sudah membuat nota kesepahaman (MoU) dengan dua Notaris di Jakarta yang akan membantu rekan-rekan anggota IMO secara nasional untuk dapat membuat badan usaha Perseroan Pers secara kolektif dengan harga yang terjangkau.

“DPP IMO-Indonesia juga membuat MoU untuk Sentra Release dengan Pemerintah secara berjenjang. Di Pusat misalnya, dengan Kementerian, TNI, Polri, Badan/Lembaga Negara. Demikian pula di Tingkat Provinsi serta Kabupaten dan Kota,” terangnya.

“Releasenya akan diintergasikan dengan Website imo-indonesia.com, yang juga dalam waktu yang sama dapat langsung tersebar kepada seluruh anggota secara nasional via subscribe imo-indonesia.com,” sambungnya seraya menegaskan, DPW IMO-Indonesia Bali akan menjadi  pilot project dari program tersebut.

Pada moment Rakernas di Bali, tuturnya, DPP juga akan memberikan Sertifikat kepada anggota yang telah tergabung dengan IMO-Indonesia. Selain melantik pengurus DPW Bali dan pengukuhan DPW lainnya secara kolektif, momentum Rakernas ini juga mengagendakan penyempurnaan AD/ART dan Peraturan Organisasi untuk selanjutnya diharapkan dapat menjadi pegangan seluruh anggota dalam menjalankan roda organisasi.

“Paparan-paparan mengenai bidang pengembangan usaha, mungkin saja direalisasikan. Tetapi yang terpenting, mekanisme dari usaha tersebut berujung kepada kesejahteraan anggota. Hal-hal lainya, penyampaian regulasi media online dan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 dan ITE juga sangat penting untuk dipaparkan pada momentum Rakernas ini,” tegasnya.

Momentum Rakernas di Bali, juga akan diisi dan dimanfaatkan untuk kegiatan ramah tamah serta keakraban sesama anggota dengan agenda City Tour, dan Dinner di Cruiseline yang akan ditutup dengan Nonton Bareng (Nobar) Film Jurnalis “Serumpun Sebalai”. Khusus film ini, diperkirakan Agustus mendatang akan dapat tayang di seluruh jaringan XXI secara nasional.(wb)