Nanti Malam, di Indonesia Akan Terjadi “Super Blue Blood Moon”

Semua Halaman

.

Nanti Malam, di Indonesia Akan Terjadi “Super Blue Blood Moon”

REDAKSI
Rabu, 31 Januari 2018


MEDIANUSANTARA.ID—Tanggal 31 Januari 2018, Rabu malam nanti, Gerhana Bulan akan terjadi. Fenomena “Super Blue Blood Moon” ini akan terjadi sekira pukul 19.30 WITA—atau 20.30 Waktu Indonesia Barat.

Menurut sumber Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena alam tersebut akan menimbulkan air laut pasang dan hujan lebat hingga tanggal 1 Februari 2018.

BMKG menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tinggi pasang maksimum. Pasang maksimum dapat mencapai 100-140 sentimeter. Dimana fenomena ini merupakan matahari, bumi dan bulan tepat pada satu garis khususnya pada hari ini jarak antara matahari dengan bumi jaraknya sangat dekat akibatnya gaya gravitasi bulan terhadap bumi yang semakin kuat, dan mengakibatkan air di laut mencapai maksimum, akan terjadi rob kenaikan pasang air laut.

Di Indonesia, puncak super “Blue Blood Moon” terjadi sekitar pukul 20.30 Waktu Indonesia Barat. Dengan lama waktu akan berlangsung kurang lebih 77 menit.

Dari fenomena tersebut, masyarakat di seluruh Indonesia akan melihat bulan berubah warna menjadi merah.


“Kejadian ini sangat langka. Karena fenomena tersebut hanya terulang lebih dari 100 tahun lagi,” demikian informasi yang didapat dari BMKG.(adi)