Kota Bima Bangun Rumah Panggung Percontohan Mitigasi Struktural Partisipatif

Semua Halaman

.

Kota Bima Bangun Rumah Panggung Percontohan Mitigasi Struktural Partisipatif

REDAKSI
Rabu, 24 Januari 2018


MEDIANUSANTARA.ID—Walikota Bima HM Qurais H Abidin meresmikan Rumah Panggung Percontohan Program Mitigasi Struktural Partisipatif, di Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima. Peresmian itu ditandai pengguntingan pita oleh Walikota Bima HM Qurais H Abidin, serta penanaman pohon di halaman Rumah Panggung Percontohan, Selasa (23/1/2018).
            
Walikota Bima menyampaikan terimakasih atas segala perhatian dari BNPB yang telah membantu penanggulangan bencana banjir bandang akhir tahun 2016 lalu. Penanggulangan bencana menjadi upaya menyeluruh dan proaktif, dimulai dari pengurangan risiko bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi dan rekonstruksi, yang merupakan upaya bersama oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholders).

“Salah satu kebijakan pemerintah dalam menjalankan strategi pengurangan risiko bencana di Indonesia adalah kegiatan mitigasi struktural partisipatif masyarakat,” kata Walikota.
            
Ia berharap, keberadaan rumah panggung ini bisa difungsikan dengan baik, dan menjadi awal dari rumah-rumah mitigasi berikutnya di Kota Bima.
            
Sementara, menurut laporan Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima Ir Sarafuddin MM, pelaksanaan pembangunan rumah panggung program mitigasi struktural partisipatif dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas daerah di bidang pengurangan risiko bencana, denagn pelaksanaannya kerjasama BNPB dengan BPBD Kota Bima yang melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan terkait.
            
Tujuan ini, untuk memberikan model kepada masyarakat tentang bangunan adaptif bencana banjir dan gempa. Selain sebagai salah satu alternative tempat pengungsian dan penyelamatan sementara saat banjir, sarana sosialisasi bagi masyarakat terhadap pengurangan risiko bencana terutama ancaman banjir dan gempa dan sebagai pusat informasi kebencanaan serta rumah baca atau perpustakaan masyarakat.
            
Direktur PRB BNPB Lilik Kurniawan ST,M.Si juga mengapresiasi Pemerintah Kota Bima yang telah membangun rumah panggung percontohan mitigasi bencana. Ia berharap, rumah panggung percontohan mitigasi dapat mengurangi risiko bencana di daerah rawan banjir, karena rumah percontohan ini akan dilengkapi sistem peringatan dini terhadap bencana yang terjadi.
            
Selain bantuan rumah panggung percontohan mitigasi ini, kataLilik, BNPB juga akan menfasilitasi program sekolah sungai sebagai upaya meningkatkan kualitas masyarakat Kota Bima terhadap pengurangan risiko bencana.

“Tahun depan, kita akan fasilitasi sekolah sungai. Karena itu mohon dukungan seluruh masyarakat Kota Bima,” harap Lilik.

            
Sementara di akhir acara tersebut, Direktur PRB BNPB menyerahkan bantuan alat kerja kepada tim TSBK Kecamatan Rasanae Barat.(advt/wb)