Uma Lengge Dalam Penelitian Mahasiswa Tehnik Arsitektur UI

Semua Halaman

.

Uma Lengge Dalam Penelitian Mahasiswa Tehnik Arsitektur UI

REDAKSI
Minggu, 16 Juli 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Bima memang kaya akan warisan seni arsitektur tradisional. Di antaranya adalah Uma Lengge, Uma Panggung serta bangunan-bangunan yang berbentuk Nggusu Waru. Dengan memiliki kekayaan tersebut, kita sebagai orang Bima harus terus melestarikannya sehingga menjadi warisan dari generasi ke generasi.
Keberadaan kekayaan tersebut, ternyata menjai perhatian orang-orang di luar daerah di Indonesia. Terbukti saat ini, Uma Lengge tersebut masuk dalam penelitian tim dari Ikatan Mahasiswa Tehnik Arsitektur Universitas Indonesia (UI).
Pemerintah Kabupaten Bima pun mengapresiasi dan penghargaan atas kepedulian dan perhatian dari tim tehnik arsitektur Universitas Indonesia, yang melakukan penelitian tentang Uma Lengge. Sehingga ke depannya pula, hasil penelitian tersebut nanti akan bermanfaat dalam rangka revitalisasi Uma Lengge maupun promosi budaya Bima di tingkat nasional.
Jauh sebelumnya, tim tersebut telah bersurat secara resmi kepada Pemkab Bima terkait rencanan kegiatan penelitian yang akan berlangsung selama sebulan. Adapun lokasi atau wilayah tempat penelitian itu, yakni Desa Mbawa Kecamatan Donggo, Desa Maria Utara Kecamatan Wawo dan Desa Sambori Kecamatan Lambitu.

Sebelumnya, tim dari Ikatan Mahasiswa Tehnik Arsitektur Universitas Indonesia yang berjumlah 26 orang itu, telah mengutus tim advance guna melakukan survey awal sekaligus koordinasi dengan Pemerintah Daerah. Termasuk camat, kepala desa dan komunitas Majelis Kebudayaan Mbojo.(bop)