Kota Bima dan Bandung MoU Pengembangan Smart City dan E-Government

Semua Halaman

.

Kota Bima dan Bandung MoU Pengembangan Smart City dan E-Government

REDAKSI
Senin, 17 Juli 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Walikota Bima HM Qurais H Abidin dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Kerja sama antara kedua kota tersebut yakni dalam pengembangan Smart City dan E-government.
            Penandatangan kesepakatan bersama, dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Bima. turut disaksikan Ketua DPRD Kota Bima, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua TP PKK, MUI, Tokoh Agama, BUMN dan BUMD, Rabu (12/7/2017) lalu.
            Walikota Bima HM Qurais H Abidin mengatakan, penandatangan kesepakatan ini bukan hanya Smart City dan E-Government saja, tetapi juga ada ruang lingkup kerja sama lain, meliputi pengembangan pariwisata, bidang ekonomi serta mencakup promosi dan pengembangan UMKM dan industri kreatif. Termasuk pengembangan SDM, perencanaan daerah, serta bidang-bidang lain yang nantinya juga akan disepakati bersama.
“Beberapa poin dalam MoU tersebut sesuai dengan program pembangunan Kota Bima saat ini,” jelas Walikota Bima.
            Menurut Qurais, MoU ini ke depannya akan menciptakan sinergitas penyelenggaraan pembangunan. Dengan tujuan mendukung percepatan pembangunan, peningkatan perekonomian, ketahanan pangan, pertanian dan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Pemerintah Kota Bima.
            Walikota juga memaparkan beberapa pembangunan. Seperti pembangunan perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bima yang tengah dilaksanakan, pembangunan masjid terapung, pengembangan pelabuhan Bima, peningkatan infrastruktur Kota dan peningkatan ekonomi kreatif.
            Kota Bima sengaja belajar ilmu dari Pemerintah Kota Bandung untuk memperbaiki daerah yang menyangkut pengembangan program Smart City. Semoga ilmu tersebut dapat dimanfaatkan untuk kemajuan Kota Bima,” harap Qurais.
            “Sebenarnya, ini bukan penandatangan kerja sama. Tetapi merupakan bantuan Pemerintah Kota Bandung untuk perkembangan Kota Bima. dimana pada beberapa bulan kemarin, Kota Bima dilanda bencana banjir bandang,” lanjut Qurais menjelaskannya.

            Pada kesempatan itu, H Qurais juga mengajak Walikota Bandung, kiranya mengajak warga atau pengusaha Bandung untuk berinvestasi di Kota Bima. “Kota Bima sangat membutuhkan investasi dari berbagai daerah lain,” kata Qurais.(Advt/wb)