Fenomena Arus Balik Mudik Lebaran Bima–Makassar

Semua Halaman

.

Fenomena Arus Balik Mudik Lebaran Bima–Makassar

REDAKSI
Sabtu, 01 Juli 2017
ARUS BALIK MUDIK LEBARAN. Lokasi sekitar Pelabuhan Makassar. (foto:Rheza) 

MEDIANUSANTARA.ID—Pelabuhan Makassar kembali dipenuhi penumpang arus balik mudik lebaran yang datang dari berbagai pelosok daerah di Indonesia. Di antara penumpang yang cukup menonjol yakni para mahasiswa asal Bima-Dompu-Sumbawa yang kembali melanjutkan kegiatan pendidikan di Makassar—dengan menggunakan KM Leuser, Jum'at (30/6/2017).
Insani salah satu mahasiswa Poltekes Makassar asal Kabupaten Dompu, menilai kondisi keamanan di Pelabuhan Makassar sudah cukup baik dari sebelumnya. Kondisi tersebut bisa terlihat saat penumpang kapal turun di Pelabuhan tanpa berhimpit-himpitan (rebutan). “Memang saya lihat sekarang sudah sangat teratur,” ujarnya.
Bahkan, kata Insani, pihak berwenang di Pelabuhan Makassar tak lagi mengijinkan tenaga buruh untuk masuk ke dalam lokasi areal pelabuhan tempat kapal bersandar. Sehingga para penumpang harus memikul barangnya masing-masing hingga ke luar pelabuhan. “Melelahkan,” ujarnya.
Sebelumnya, sekelompok buruh kerap naik ke kapal KM Leuser untuk menawarkan jasa (tenaga) pemikul barang penumpang. Bahkan di antara mereka langsung memikul barang tanpa persetujuan pemilik. Sehingga sebagian penumpang kapal pun risih karena cara yang dilakukan mereka terkesan memaksa.
Bahkan ada salah satu buruh yang enggan menyebut identitasnya mengatakan, bahwa masing-masing penumpang kapal harus mengangkat barang bawaan sendiri hingga ke pintu keluar pelabuhan. Bahkan penumpang yang sudah ke luar arel pelabuhan tak bisa masuk kembali meski masih ada barang mereka yang tersimpan didalam areal dermaga.

“Anomali seperti ini tentu meresahkan kami sebagai penumpang kapal, sehingga terkesan kami harus membayar jasa buruh,” tambah Rijky, salah satu penumpang KM Leuser.(rheza)