MGMP Bangun Penguatan Pendidikan Karakter Guru

Semua Halaman

.

MGMP Bangun Penguatan Pendidikan Karakter Guru

REDAKSI
Rabu, 05 April 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Pengurus MGMP kembali melaksanakan kegiatan bimbingan tehnik (Bimtek) tahap II guna penguatan karakter guru di Kabupaten Bima. Kegiatan dengan pola penyusunan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), PKK dan peningkatan karier guru pendidikan dasar, mengikuti pola 82 Jam Pelajaran (JP) @45 menit yang dilakukan selama 10 kali pertemuan.
            Menurut Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kecamatan Bolo Sri Aminingsi SE, ada tiga topic pembelajaran yang dilakukan dalam Bimtek ini. Yaitu pembelajaran topik penyusunan soal UNBK SMP yang dilaksanakan selama 50 JP, PPK selama 16 JP, kemudian materi umum dan penunjang lainnya selama 16 JP.
“Skenario pelaksanaan ini dilakukan secara fleksibel yang disesuaikan dengan topic dan metode yang dipilih,” ujar Sri disela-sela kegiatan Bimtek di aula SMPN 2 Bolo, Jum’at (30/3/2017) lalu.
Sri menjelaskan, kegiatan ini didanai pemerintah kepada MGMP tahun 2017. Dengan hasil yang diharapkan yakni tersusunnya soal USBN sebanyak tiga paket, mata pelajaran IPS SMP, dan sebanyak 30 guru anggota MGMP IPS Kabupaten Bima yang memiliki keterampilan dalam penyusunan soal dengan baik.
Kemudian, terimplementasikannya aspek-aspek dan komponen Penguatan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran, pembudayan di sekolah, dan di lingkungan masyarakat dari masing-masing peserta. “Harapan lainnya tercapainya peningkatan karier bagi setiap peserta sesuai dengan kebutuhan,” tutur Sri.
Selain tiga harapan tersebut, lanjut Sri, MGMP juga memiliki tiga deskripsi program. Yaitu penyusunan USBN SMP, Materi PPK dan materi umum dan penunjang lainnya.
Ia menjelaskan, bahwa penyusunan USBN SMP ini merupakan materi utama. Karena penyusunan soal diawali dengan pembekalan tentang kaidah penyusulan soal dan dilanjutkan dengan praktik analisis Kompetensi Dasar, praktik penyusunan indicator soal, praktik penyusunan kisi-kisi, praktek penyususunan butir-butir soal, praktik perbaikan soal berdasarkan hasil telaah dan finalisasi, praktik penyusunan kunci jawaban untuk soal pilihan ganda, praktik penyusunan pedoman penilaian, dan praktik penyusunan format lembar jawaban.
Kemudian materi PPK di MGMP dilaksanakan dengan tujuan untuk penguatan pendidikan karakter bagi guru-guru anggota MGMP, agar dapat diimplementasikan dalam program sekolah serta proses belajar pembelajaran.
Program pendidikan ini, kata dia, bertujuan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan dukungan pelibatan public dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Sehingga pendidikan karakter ini diimplementasikan berbasi kelas, kultur sekolah dan komunitas.
“Outcome dari kegiatan PPK ini adalah pembetukan individu yang memiliki karakter  dan kompetensi abad 21,” kata Sri.

Sementara materi umum dan penunjang lainnya adalah pembelajaran dilakukan melalui diskusi tentang kebijakan profesionalise guru dan tenaga kependidikan, perkembangan pelaksanaan penilaian kinerja guru, perkembangan pelaksanaan pengembangan karir guru, serta praktik menyusun rencana tindak lanjut tentang hal-hal dimaksud.(bop)