Desa Inovatif Masa Depan NTB

Semua Halaman

.

Desa Inovatif Masa Depan NTB

REDAKSI
Minggu, 02 April 2017

MEDIANUSANTARA.ID—"Desa Inovatif adalah masa depan NTB." Demikian yang disampaikan oleh Gubenur TGH M Zainul Majdi MA dalam sambutan pembukaan acara Festival Desa Inovatif Pertama di Provinsi NTB Tahun 2017.
            Pandangan ini dilandasi oleh kenyatakan bahwa Kemajuan NTB membutuhkan kreativitas-kreativitas dan keberdayaan masyarakat di semua tempat, apalagi yang hadir dan tumbuh di desa. Sebagian besar masyarakat kita masih bermukim di desa. Sehingga bila masyarakat desa dalam jumlah yang  besar ini mampu memanfaatkan inovasi dengan sebaik-baiknya, maka desa akan cepat maju dan akan menjadi motor penggerak pembangunan daerah secara keseluruhan.
            Desa inovatif adalah identik dengan tempat yang indah dan baik, tempat berkontribusi menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan mampu menularkan nilai-nilai baik bagi daerah lainnya. Yang menarik inovasi ini, memberikan solusi bukan dengan biaya tinggi, bukan sesuatu yang rumit, namun hadir secara kontekstual menyelesaikan persoalan masing-masing sesuai karakter persoalan yang dihadapinya.
            Desa inovasi membuka mata kita bahwa ternyata di desa banyak melahirkan karya karya baik teknologi, system maupun tata cara yang memudahkan kehidupan masyarakat yang selama ini desa di stereotype-kan dengan keterbelakangan dan ketidakberdayaan. Ternyata dibalik itu semua, ada nilai baik, ada karya yang luar biasa yang orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa. Kalau sekarang, urbanisasi terjadi banyak warga desa datang mencari pekerjaan dan pindah bermukim di kota. Suatu saat nanti, dengan pengembangan desa inovasi ini, akan banyak orang-orang kota datang ke desa, menimba ilmu, mencari hal-hal baru yang memberi inspirasi dan pengetahuan bagi hidup mereka.
            “Pada tahapan selanjutnya, setelah dengan desa inovasi mampu menyelesaikan masalah masalah yang dihadapi, desa inovasi ini bisa dikembangkan menjadi sumber peningkatan pendapatan masyarakat desa. Bisa menjadi emberio aktivitas ekonomi maupun cikal bakal pola pembangunan desa,” ungkap Gubernur TGB. 
            Satu langkah penting membangun marwah desa dapat dilakukan dengan penyelenggaraan festival inovasi desa. Kita harus memperhatikan bersama hal ini. Oleh karenanya, kita akan menyelenggarakan festival setiap tahun—dan Pemerintah Provinsi NTB akan memberikan penghargaan kepada desa-desa inovatif saat HUT NTB, Desember nanti. Tentu lebih dari itu, Pemerintah Provinsi NTB akan berkontribusi melakukan pembinaan untuk pengembangan inovasi-inovasi desa tersebut bersama kabupaten, dan para pihak lainnya agar dapat lebih dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat dan bisa ditularkan untuk pengembangan pola pembangunan desa.
            Ke depan kita berharap dari festival inovasi desa ini lahir pula festival wisata desa, festival budaya desa dan sebagainya. “Maju desa kita, maju NTB kita,” pungkas Gubernur TGB.(adi)


*) Sumber: Humas Protokol Prov NTB