Kampung Media dalam LKPJ Bupati Bima

Semua Halaman

.

Kampung Media dalam LKPJ Bupati Bima

REDAKSI
Jumat, 31 Maret 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Kampung Media (KM) menjadi capaian prestasi Pemerintah Kabupaten Bima dalam pengantar Nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun 2016. Kebenaran itu disampaikan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Rabu (22/3/2017) kemarin.
            Dalam LKPJ akhir anggaran tahun 2016, Bupati menyebutkan bahwa di antara prestasi yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten Bima yaitu keberhasilan Komunitas Kampung Media Kabupaten Bima yang menjadi juara umum pada Jambore Kampung Media NTB tahun 2016. Dalam Anugerah Award Kampung Media yang digelar oleh Pemerintah Provinsi NTB (Dishubkominfo) tahun 2016, dua Komunitas Kampung Media Kabupaten Bima berhasil memenangkan dua kategori yaitu sebagai duta informasi di bidang Pendidikan dan Infrastruktur.
            Itu menunjukkan bahwa kegiatan penyebarluasan informasi oleh Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dishubkominfo terus berjalan—baik melalui Komunitas Kampung Media yang tersebar pelosok desa se-Kabupaten Bima.
            Tahun 2016 pula, Pemerintah Kabupaten Bima telah penghargaan dari Komisi Informasi NTB sebagai contoh terbaik Pelayanan Informasi Publik. “Ini adalah kerja keras oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) selama tiga tahun terakhir dalam rangka penyebarluasan informasi public,” kata Bupati dalam penyampaian LKPJ tersebut.
            Bupati Bima mengakui bahwa pencapaian prestasi yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten Bima selama tahun 2016 adalah hasil kerja keras dan kontribusi yang nyata dari semua pihak.
Sementara itu, beberapa tahun sebelumnya—Kampung Media Kabupaten Bima pernah menduduki juara umum sebagai Duta Informasi NTB yang kali pertama kegiatan Jambore Kampung Media Award Tahun 2013 silam. Kemudian pada tahun 2014, Kampung Media Kabupaten Bima memborong tropy kemenangan dari berbagai bidang nominasi. Dan, tahun 2016 lalu—Kampung Media Kabupaten Bima merebut kembali nominasi sebagai Duta Informasi NTB pada kegiatan yang sama, di Mataram.
Segudang prestasi yang diraih oleh Komunitas Kampung Media Kabupaten Bima beberapa tahun belakangan ini, selain komitmen dan kebersamaan dari komunitas itu sendiri—selebihnya lagi adanya perhatian dan dukungan Pemerintah Kabupaten Bima sehingga  kegiatan menyebarluas informasi terus berjalan—baik melalui media social (Medsos) maupun mendorong dan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Bahkan hampir dari 32 Komunitas Kampung Media di Kabupaten Bima saat ini, sudah memiliki website tersendiri sebagai salah satu bentuk loncatan keberhasilan menuju Kampung Media Mandiri Tahun 2018 mendatang.(adi)