Beragam Kegiatan Persiapan Festival Pesona Tambora 2017

Semua Halaman

.

Beragam Kegiatan Persiapan Festival Pesona Tambora 2017

REDAKSI
Jumat, 31 Maret 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Event tahunan Taman Nasional Gunung Tambora tahun 2017, dipusatkan di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Event tersebut sekaligus peringatan 202 tahun Hari Jadi Kabupaten Dompu, tepatnya pada tanggal 11 April 2017.
Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Nuril Furkan mengatakan, seluruh kegiatan terkait event Gunung Tambora dan hari jadi Dompu dalam bingkai Festival Pesona Tambora 2017.
“Semuanya akan dilaksanakan di Dompu,” kata Nuril saat rapat koordinasi lintas instansi yang dihadiri oleh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) di Pendopo Bupati Dompu, Jum’at, (17/2) lalu.
            Kepastian pusat pelaksaan tersebut telah ditentukan oleh Kementerian Pariwisata terungkap dalam rapat koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB, seluruh Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota se NTB dan perwakilan event organiser Kompas, pada tanggal 13 Februari 2017 lalu.
            Seluruh rangkaian kegiatan sampai pada pucaknya 17 April 2017, akan digelar mulai bulan Maret sampai April. Dimana tempat pelaksaan tersebar pada titik-titk destinasi wisata, terutama pusat kegiatan di Padang Savana Doro Ncanga dan Gunung Tambora.
Kepastian itu pula disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu H Ikhtiar SH, usai mengikuti rapat koordinasi dalam kegiatan event bergengsi itu.
            Dompu yang sudah diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat sebagai pelaksana, sudah mempersiapkan beberapa item seperti perencanaan kegiatan, personil dan anggaran.
Apalagi Festival Pesona Tambora ini kali, bakal dihadiri Presdien RI Ir Joko Widodo (Jokowi) untuk kegiatan launching pariwisata, sekaligus peresmian pabrik gula terbesar di Indonesia Timur, yang beroperasi di Kecamatan Pekat.
“Insya Allah, kegiatan harus dan akan sukses. Apalagi kali keduanya Presiden hadir di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Artinya, ini Reward sekaligus penghargaan yang harus kami jaga," ujar H Ikhtiar.
Sementara itu, beragam kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memeriahkan dan menyukseskan FPT nanti. Seperti dipaparkan Kepala Bidang Promosi Wisata Dr Nuril Furkan, kegiatan tersebut antara lain festival makan lawa Soro-Kempo, festival makan ikan, festival minum kopi, ngaha timbu dan rawa mbojo, cera labutrail adventure wonderfull Tambora, pesona puru jago, sepeda wisata, pengibaran bendera di Kaldera Gunung Tambora, mbaju ndiha dan kareku kandei dan Kemah Bhakti Pramuka.
            Pada puncak acara tanggal 11 April tepat 202 tahun usia Dompu. Panitia mempersiapkan nggahi dana, tarian kolosal terpijar dan tarian kolosal wura bongi monca. Sebelum acara puncak, panitia mengagendakan kegiatan malam renungan letusan Gunung Tambora, yang akan diisi dengan dzikir bersama.
            Untuk meraih rekor Muri (Museum Rekor Indonesia), pemerintah setempat akan persiapkan paket kegiatan Katente labo Kanggondo Tembe Nggoli (sarungan dan serempang). Kegiatan itu akan dilakukan pada tanggal 17 April 2017, sekaligus upacara Hari Jadi Dompu yang dirangkaikan dengan apel koordinasi dengan target peserta 50 ribu orang.
            Dalam event FPT 2017, Balai Taman Nasional Gunung Tambora juga mempersiapkan beberapa agenda kegiatan. Seperti Jambore Konservasi Pesona Tambora, jelajah alam pesona tambora dengan target peserta 1.000 orang, kegiatan sapu gunung oleh 200 peserta, dan kegiatan makan nasi jagung yang bakal digelar di Padang Savana Doro Ncanga.(adi/yani)